Perbedaan Spanduk dan Banner untuk Media Tempat Wisata

Perbedaan Spanduk dan Banner, Pengelola Tempat Wisata Wajib Tahu

Indonesia adalah salah satu wilayah yang memiliki pesona alam yang luar biasa. Tak sedikit pula wilayah yang memiliki tempat wisata yang mampu menarik hati para wisatawan mancanegara. Saat ini bahkan ada banyak beberapa masyarakat yang mengembangkan tempat wisata di wilayahnya agar bisa dikenal masyarakat luas.

Tak jarang para pengelola tempat wisata ini memasang spanduk atau banner untuk mengenalkan tempat wisatanya. Apakah kamu salah satu pengelola tempat wisata tersebut?

Jika memang iya, pastikan dulu kamu ketahui perbedaan spanduk dan banner yang sering dijadikan sebagai media promosi tempat wisata atau pemasaran produk lainnya saat ini.

Perbedaan Spanduk dan Banner untuk Promosi Tempat Wisata

Langsung saja yuk simak ulasan perbedaan spanduk dan banner berikut ini. Dengan begitu kamu bisa membuat media promosi tempat wisata baru di daerahmu agar lebih menarik lagi.

Ukuran Banner

Perbedaan pertama adalah dari segi ukuran. Ada 3 macam ukuran spanduk yang biasa digunakan oleh perusahaan sebagai media promosi. Ukuran spanduk kecil yaitu kurang lebih 80 cm x 200 cm. Kemudian ukuran spanduk sedang yaitu kurang lebih 110 cm x 220. Dan ukuran spanduk besar yaitu kurang lebih 150 cm x 300 cm.

Ukuran banner yang biasa digunakan untuk media promosi perusahaan tidak sama dengan spanduk. Ukuran banner yang paling kecil yaitu kurang lebih 60 cm x 160 cm. Kemudian untuk ukuran banner yang paling besar yaitu kurang lebih 80 cm x 300 cm.

Bila Kamu ingin mencetak spanduk dan juga banner dengan ukuran lebih besar lagi, Kamu bisa menggunakan ukuran lebih dari 300 cm. Perlu kamu ketahu bahwa salah satu jenis banner adalah X Banner.

Segi Bentuk Banner

Perbedaan kedua adalah dari segi bentuk. Biasanya bentuk spanduk yang biasa digunakan untuk media promosi adalah memanjang horizontal. Kemudian bentuk banner yang biasa digunakan, seperti yang disunting oleh bukkol. adalah vertikal. Namun bila Kamu ingin berkreasi dengan bentuk spanduk dan banner, Kamu bisa meminta pada pihak percetakan sesuai dengan inginan kamu.

Peletakan Banner

Perbedaan spanduk dan banner ketiga adalah dari segi peletakan. Bila spanduk, seringkali diikat di berbagai macam tempat yang tergolong strategis dan bisa dilihat banyak orang. Mulai dari di atas pintu masuk toko, di tiang, hingga di pohon. Sehingga di bagian ujung spanduk akan diberi lubang sebagai tempat untuk mengikat tali.

Bila peletakan banner, seringkali dilakukan di bank, kantor, sekolah, kampus, hingga rumah sakit. Pada belakang banner akan diberi tiang penyangga, agar banner bisa berdiri tegak ketika diletakan di tempat yang tergolong strategis. Sehingga dapat dikatakan bahwa pemasangan banner lebih terkesan formal dan pas untuk digunakan sebagai media promosi.

Bahan Banner

Perbedaan keempat adalah dari segi bahan. Perbedaan penggunaan bahan spanduk dan juga banner terjadi karena dari segi peletakannya juga berbeda.

Bila spanduk seringkali diletakkan di luar ruangan, maka harus menggunakan bahan yang kuat dan tidak mudah rapuh. Lain halnya dengan bahan yang digunakan untuk pembuatan banner, yang tidak mudah sobek dan juga hasilnya bagus.

Bahan yang digunakan untuk pembuatan spanduk adalah flexi. Bahan tersebut memiliki dua jenis yaitu flexi jerman dan flexi china. Bila dilihat dari segi harga yang lebih ekonomis adalah bahan flexi china.

Selain itu, bahan yang digunakan untuk pembuatan spanduk adalah cloth banner. Karakter dari bahan tersebut adalah mudah dilipat dan bentuknya seperti kain. Kemudian bahan yang digunakan untuk pembuatan banner adalah albatros dan PVC.

Ada berbagai macam perbedaan spanduk dan banner yang ternyata belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Mulai dari perbedaan dari segi ukuran, bentuk, peletakan, dan juga bahan.

Oleh sebab itu sebelum Kamu memesan spanduk dan banner, usahakan untuk mengetahui setiap detail elemen yang digunakan. Hal ini bertujuan agar spanduk atau banner yang Kamu pesan, memiliki hasil akhir yang bagus dan bisa menarik minat masyarakat untuk datang ke tempat wisata di daerahmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *